SEKILAS PENYELENGGARAAN PELATIHAN TEKNIS IMPLEMENTASI AKUNTANSI BASIS AKRUAL PADA PEMERINTAHAN DAERAH ANGKATAN I

SEKILAS PENYELENGGARAAN PELATIHAN TEKNIS

“PENATAUSAHAAN AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL PADA PEMERINTAH DAERAH BERDASARKAN PP NOMOR 71 TAHUN 2010”

ANGKATAN I

Latar Belakang

Penyelenggaraan kegiatan Pelatihan Teknis “Penatausahaan Akuntansi Berbasis Akrual Pada Pemerintah Daerah Berdasarkan PP Nomor 71 Tahun 2010” dilatarbelakangi oleh Misi “Arsamedia Consultant” untuk berpartisipasi dalam mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang profesional, akuntabel dan transparan, khususnya pada pemerintahan daerah. Pelatihan teknis untuk Angkatan I (pertama) telah diselenggarakan oleh Arsamedia Consultant bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah berdasarkan Surat Edaran Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Nomor: 893.3/1447/Ro.Keu tertanggal 3 April 2012 pada tanggal 2-4 Mei 2012 bertempat di Swissbel Hotel Palu, Sulawesi Tengah.

Gambaran sekilas penyelenggaraan pelatihan teknis angkatan I ini selain bertujuan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada Gubernur Sulawesi Tengah dan para kepala SKPD yang telah mengirimkan utusannya, juga dimaksudkan untuk memberikan gambaran kepada pihak-pihak yang berkepentingan terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) pengelola keuangan daerah, agar dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk berpartisipasi pada angkatan berikutnya.

Materi yang diberikan

Materi yang diberikan terkait dengan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 238/PMK.05/2011 tentang Pedoman Umum Sistem Akuntansi Pemerintahan (PUSAP) yang dikaitkan dengan kebutuhan pemerintah daerah dalam pengimplementasian basis akrual. Adapun judul-judul materi yang diberikan antara lain:

  1. Gambaran Umum PP 71 tahun 2010 (lampiran 1 : Standar Akuntansi Berbasis Akrual)
  2. Implementasi PP 71 Tahun 2010 Pada Pemerintah Daerah (berdasarkan PMK No. 238/PMK.05/2011 tentang Pedoman Sistem Akuntansi Pemerintahan)
  3. Strategi Pemerintah Daerah Menuju Implementasi PP 71 Tahun 2010.
  4. Konsep Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual (Simulasi).
  5. Penatausahaan Akuntansi Pada SKPD (Simulasi).
  6. Penyajian Laporan Keuangan SKPD (Simulasi).
  7. Penatausahaan Akuntansi Pada SKPKD (Simulasi).
  8. Penyajian Laporan Keuangan SKPKD (Simulasi).
  9. Penyusunan Laporan Keuangan Konsolidasian (Simulasi).
  10. Penyajian Laporan Keuangan Pemerintah (Simulasi).

Metode Penyelenggaraan

Kegiatan pelatihan teknis ini diselenggarakan dengan komposisi 35% dalam bentuk penyajian materi dan 65% dalam bentuk simulasi atau penyelesaian studi kasus yang dibimbing oleh fasilitator. Setiap peserta diwajibkan membawa laptop, sehingga dengan format Jurnal Umum, Buku Besar, Neraca Saldo, Jurnal Penyesuaian, Jurnal Penutup dan Laporan keuangan yang telah disediakan oleh panitia dalam bentuk softcopy (excel) maka pada saat diselenggarakannya simulasi, secara berkelompok peserta diinstruksikan untuk mengisi format-format tersebut berdasarkan transaksi-transaksi yang telah ditentukan oleh panitia. Hasil kerja setiap kelompok peserta dipresentasikan di depan peserta lainnya, kemudian mendapatkan tanggapan oleh pemateri, sehingga terjadi diskusi yang interaktif antara seluruh peserta dengan pemateri.

Image

Evaluasi Peserta

Untuk menjamin keberhasilan pencapaian tujuan penyelenggaraan kegiatan pelatihan teknis angkatan I ini, pada saat kegiatan dimulai, peserta diberikan soal-soal pretest dan pada akhir kegiatan peserta diberikan soal-soal post-test terkait dengan materi yang diberikan. Evaluasi dilakukan dengan cara membandingkan antara hasil pre-test dengan post-test. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sekitar 85% peserta telah dapat memahami seluruh materi dan simulasi yang diberikan.

Image

Pemateri

Pemateri yang dilibatkan pada pelatihan teknis angkatan I ini telah memiliki kapabilitas dan berpengalaman dalam bidang Pengelolaan Keuangan Daerah, khususnya Akuntansi Pemerintahan, diantaranya :

  1. Dr. Dwi Martani, Ak. (Ketua Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia).
  2. Fikry Karim, SE., M.Acc., Ak (Ketua Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako).
  3. Andi Chairil Furqan, SE., M.Sc., Ak (Sekretaris Program Non Reguler Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako).
  4. Muhammad Din, SE., M.Si., Ak (Sekretaris Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako).

Image

Peserta

Peserta pada pelatihan teknis angkatan I ini berjumlah 38 orang yang terdiri dari :

  1. Biro Keuangan Setda Prov. Sulteng (2 Orang),
  2. Biro Perlengkapan Umum Setda Prov. Sulteng (2 Orang),
  3. Biro Administrasi Pembangunan dan SDA Setda Prov. Sulteng (1 Orang),
  4. Kas Daerah Prov. Sulteng (1 Orang),
  5. Inspektorat Daerah Prov. Sulteng (4 Orang),
  6. Bappeda Prov. Sulteng (3 Orang), Balitbangda Prov. Sulteng (3 Orang),
  7. Badan Lingkungan Hidup Prov. Sulteng (2 Orang),
  8. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Prov. Sulteng (2 Orang),
  9. Badan Koordinasi Wilayah dan Umum Prov. Sulteng (1 Orang),
  10. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Sulteng (3 Orang),
  11. Dinas Kehutanan Prov. Sulteng (2 Orang),
  12. Dinas Kelautan Prov. Sulteng (1 Orang),
  13. Dinas Koperasi, UMKM dan Perindag Prov. Sulteng (1 Orang),
  14. UPT Pelatihan Kesehatan Prov. Sulteng (1 Orang),
  15. UPT TKIP Dinas Pendidikan Prov. Sulteng (2 Orang),
  16. Dinas PPKAD Kab. Tojo una-una (1 Orang),
  17. Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Parigi Moutong (1 Orang),
  18. Dinas Pendidikan Kab. Parigi Moutong (1 Orang),
  19. Dinas Pekerjaan Umum Kab. Parigi Moutong (4 Orang).

Dengan jabatan sebagai PPK-SKPD, Ka. Subag Keuangan & Aset SKPD, Staf Biro Keuangan, Staf Subag Keuangan & Aset SKPD.

Image

Fasilitas Peserta

Pada pelatihan teknis angkatan I ini, peserta diberikan fasilitas berupa:

  1. Pelatihan Kit.
  2. Akomodasi, Konsumsi & Snack.
  3. Modul & Simulasi (Hardcopy & Softcopy).
  4. Dokumentasi Kegiatan & Sertifikat.

Image

Penutup

Ucapan terima kasih kami haturkan kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan ini, semoga kegiatan ini bermanfaat dan dapat terus berlanjut dikemudian hari. Demikian sekilas penyelenggaraan pelatihan teknis “Penatausahaan Akuntansi Berbasis Akrual Pada Pemerintah Daerah Berdasarkan PP 71/2010” Angkatan I ini, untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Image

Palu, 7 Mei 2012

Direktur,

H. Andi Raga Lanintja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s