Mari Berpatisipasi Pada Pelatihan Teknis Penatausahaan Akuntansi Berbasis Akrual Pada Pemerintahan Daerah Berdasarkan PP 71/2010 Angkatan II

Latar Belakang

Kegiatan Pelatihan Teknis “Penatausahaan Akuntansi Berbasis Akrual Pada Pemerintah Daerah Berdasarkan PP Nomor 71 Tahun 2010” dilatarbelakangi oleh Misi “Arsamedia Consultant” untuk berpartisipasi dalam mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang profesional, akuntabel dan transparan, khususnya pada pemerintahan daerah. Pelatihan teknis untuk Angkatan I (pertama) telah diselenggarakan oleh Arsamedia Consultant bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah berdasarkan Surat Edaran Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Nomor: 893.3/1447/Ro.Keu tertanggal 3 April 2012 pada tanggal 2-4 Mei 2012 bertempat di Swissbel Hotel Palu, Sulawesi Tengah. Materi yang diberikan pada pelatihan teknis ini terkait dengan implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 238/PMK.05/2011 tentang Pedoman Umum Sistem Akuntansi Pemerintahan (PUSAP), khususnya pada pemerintah daerah dalam pengimplementasian basis akrual, dengan komposisi 30% dalam bentuk penyajian materi dan 70% dalam bentuk simulasi.

Untuk itu, berdasarkan pengalaman pada Angkatan I (pertama) dan untuk memenuhi kebutuhan yang semakin meningkat atas tenaga pengelola keuangan Pemerintah Daerah yang terampil maka Arsamedia Consultant bermaksud menyelenggarakan Pelatihan Teknis “Penatausahaan Akuntansi Berbasis Akrual Pada Pemerintah Daerah Berdasarkan PP Nomor 71 Tahun 2010” Angkatan II (Kedua).

Manfaat

  • Peserta memahami perbedaan proses akuntansi berbasis kas dengan berbasis akrual sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.
  • Peserta memiliki keterampilan teknis dalam menyusun laporan keuangan pemerintah daerah berbasis akrual, sehingga dapat mengefektifkan dan mengefisienkan tugas dan tanggungjawab.

Target Peserta

  • Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) & Bendahara.
  • Staf Dinas/Biro/Bagian/Seksi Keuangan & Aset.
  • Staf/Auditor Inspektorat Daerah.
  • Akademisi.
  • Pihak-pihak lain yang berkeinginan untuk memahami proses akuntansi berbasis akrual di lingkungan Pemerintah Daerah.

Waktu dan Tempat

Hari/Tanggal           : Rabu-Jumat, 4 – 6 Juli 2012

Tempat                      : Swissbell Hotel Makassar (Depan Mall Panakukang)

(Dalam Konfirmasi)

Kategori Peserta

Pelatihan teknis ini akan dibagi ke dalam 2 kategori, yaitu:

  • KELAS DASAR (Untuk SKPD), target maksimal 40 Peserta.
  • KELAS LANJUTAN (Untuk SKPKD/PPKD), target maksimal 40 Peserta.

Biaya Investasi

Biaya Investasi untuk pelatihan teknis ini sebesar :

  • Rp 3.500.000/peserta (termasuk seminar kit, akomodasi, konsumsi selama kegiatan berlangsung, dokumentasi kegiatan dan sertifikat)
  • Bagi Peserta yang tidak menggunakan fasilitas akomodasi dibebani biaya investasi sebesar Rp. 2.250.000/ peserta (termasuk seminar kit, konsumsi selama kegiatan berlangsung, dokumentasi kegiatan & setifikat)

Biaya Investasi dapat ditransfer ke Rekening BNI No : 0158358614 An. Dedy Siswanto.

Materi Pelatihan Kelas Dasar (Untuk SKPD)

HARI Waktu MATERI PEMATERI
Selasa,

3 Juli 2012

13.00 – 23.00 Registrasi dan Check In Panitia
Rabu,

4 Juli 2012

08.00 – 08.30 Registrasi Panitia
  08.30 – 09.00 Pembukaan Panitia
  09.00 – 09.30 Pretest Tenaga Ahli Arsamedia Consultant
  09.30 – 10.00 Coffee Break Panitia
  10.00 – 12.00 Gambaran Umum PP 71 tahun 2010 (lampiran 1 : Standar Akuntansi Berbasis Akrual) Dr. Dwi Martani, Ak (Ketua Departemen Akuntansi FE UI)
  12.00 – 13.30 Ishoma Panitia
  13.30 – 15.00 Implementasi PP 71 Tahun 2010 Pada Pemerintah Daerah (berdasarkan PMK No. 238/PMK.05/2011 tentang Pedoman Sistem Akuntansi Pemerintahan) Dr. Dwi Martani, Ak
  15.00- 15.30 Coffee Break Panitia
  15.30- 17.30 Strategi Pemerintah Daerah Menuju Implementasi PP 71 Tahun 2010 Fikry Karim, SE., M.Acc., Ak

(Ketua Jurusan Akuntansi FE UNTAD)

Kamis,

5 Juli 2012

08.00 – 08.30 Registrasi Panitia
  08.30 – 10.00 Konsep Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual (Untuk SKPD). Fikry Karim, SE., M.Acc., Ak

 

  10.00 – 10.30 Coffee Break Panitia
  10.30 – 12.00 Pengidentifikasian transaksi, Pencatatan di Jurnal Umum & Pengelompokan di Buku Besar (Untuk Transaksi pelaksanaan anggaran/LRA & Untuk Transaksi Keuangan/LO) (SKPD). Andi Chairil Furqan, SE., M.Sc., Ak (Tenaga Ahli Arsamedia Consultant/ Sekretaris Program Non Reguler FE UNTAD)
  12.00 – 13.30 Ishoma Panitia
  13.30 – 15.00 Penyusunan Neraca Saldo, Jurnal Penyesuaian dan Jurnal Penutup. (Untuk SKPD). Andi Chairil Furqan, SE., M.Sc., Ak
  15.00 – 15.30 Coffee Break Panitia
  15.30 – 17.30 Penyusunan Laporan Keuangan SKPD. (LRA, LO, LPE, Neraca & CalK) Andi Chairil Furqan, SE., M.Sc., Ak
Jumat,

6 Juli 2012

08.00 – 08.30 Registrasi Panitia
  08.30 – 09.30 Penyajian Laporan Keuangan Konsolidasian & Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Muh. Din, SE., M.Si., Ak (Tenaga Ahli Arsamedia Consultant/ Sekretaris Jurusan Akuntansi FE UNTAD
HARI Waktu MATERI PEMATERI
  09.30 – 10.00 Coffee Break Panitia
Jumat,

6 Juli 2012

11.00 – 11.30 Penyelesaian Studi Kasus Penatausahaan Akuntansi Pada SKPD (Oleh Peserta). Muh. Din, SE., M.Si., Ak
  11.30 – 13.30 Ishoma Panitia
  13.30 – 15.00 Presentasi Peserta dan Tanggapan Pemateri. Muh. Din, SE., M.Si., Ak
  15.00 – 15.30 Coffee Break Panitia
  15.30 – 17.00 Post Test Tenaga Ahli Arsamedia Consultant
  17.00 – 17.30 Penutupan & Pembagian Setifikat Panitia

 

Materi Pelatihan Kelas Lanjutan (Untuk SKPKD/PPKD)

HARI Waktu MATERI PEMATERI
Selasa,

3 Juli 2012

13.00 – 23.00 Registrasi dan Check In Panitia
Rabu,

4 Juli 2012

08.00 – 08.30 Registrasi Panitia
  08.30 – 09.00 Pembukaan Panitia
  08.30 – 09.30 Pretest Tenaga Ahli Arsamedia Consultant
  09.30 – 10.00 Coffee Break Panitia
  10.00 – 12.00 Gambaran Umum PP 71 tahun 2010 (lampiran 1 : Standar Akuntansi Berbasis Akrual) Dr. Dwi Martani, Ak (Ketua Departemen Akuntansi FE UI)
  12.00 – 13.30 Ishoma Panitia
  13.30 – 15.00 Implementasi PP 71 Tahun 2010 Pada Pemerintah Daerah (berdasarkan PMK No. 238/PMK.05/2011 tentang Pedoman Sistem Akuntansi Pemerintahan) Dr. Dwi Martani, Ak
  15.00- 15.30 Coffee Break Panitia
  15.30- 17.30 Strategi Pemerintah Daerah Menuju Implementasi PP 71 Tahun 2010 Fikry Karim, SE., M.Acc., Ak

(Ketua Jurusan Akuntansi FE UNTAD)

Kamis,

5 Juli 2012

08.00 – 08.30 Registrasi Panitia
  08.30 – 10.00 Peran SKPKD/PPKD (Penyusun Laporan Keuangan Pemerintah Daerah/LKPD), Manajemen Pendapatan, Manajemen Aset & Manajemen Kas) dalam perspektif akuntansi berbasis akrual. Muh. Din, SE., M.Si., Ak (Tenaga Ahli Arsamedia Consultant / Sekretaris Jurusan Akuntansi FE UNTAD)
  10.00 – 10.30 Coffee Break Panitia
  10.30 – 12.00 SKPKD Sebagai SKPD (konsep Akuntansi Berbasis Akrual Pada SKPD). Fikry Karim, SE., M.Acc., Ak
HARI Waktu MATERI PEMATERI
Kamis,

5 Juli 2012

12.00 – 13.30 Ishoma Panitia
  13.30 – 15.00 Akuntansi Anggaran, Akuntansi Pendapatan, Akuntansi Belanja/Beban (LO & LRA) Muh. Din, SE., M.Si., Ak
  15.00 – 15.30 Coffee Break Panitia
  15.30 – 17.30 Akuntansi Aset, Kewajiban, Ekuitas (Neraca) Muh. Din, SE., M.Si., Ak
Jumat,

6 Juli 2012

08.00 – 08.30 Registrasi Panitia
  08.30 – 09.30 Penyusunan Laporan Konsolidasian & Penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LRA, LP-SAL, LO, LPE, Neraca, LAK & Catatan Atas Laporan Keuangan). Andi Chairil Furqan, SE., M.Sc., Ak (Tenaga Ahli Arsamedia Consultant/ Sekretaris Program Non Reguler FE UNTAD)
  09.30 – 10.00 Coffee Break Panitia
  10.00 – 11.30 Penyelesaian Studi Kasus Penatausahaan Akuntansi Pada SKPKD oleh Peserta. Andi Chairil Furqan, SE., M.Sc., Ak
  11.30 – 13.30 Ishoma Panitia
  13.30 – 15.00 Presentasi Peserta dan Tanggapan Pemateri. Andi Chairil Furqan, SE., M.Sc., Ak
  15.00 – 15.30 Coffee Break Panitia
  15.30 – 17.00 Post Test Tenaga Ahli Arsamedia Consultant
  17.00 – 17.30 Penutupan & Pembagian Setifikat Panitia

Informasi Tambahan:

  • Konfirmasi keikutsertaan dapat dilakukan dengan mengirimkan formulir Pendaftaran (terlampir) melalui e-mail : arsamediapalu@yahoo.com, atau kantor pos dengan menghubungi nomor contact person panitia:
  • Biaya investasi pelatihan dapat ditransfer ke :
  1. Dedy Siswanto, SE (085241183310).
  2. Farahdiza, SE ( 085241100311 ).

Rekening BNI Nomor 0158358614 An. Dedy Siswanto

  • Konfirmasi keikutsertaan dan biaya investasi pelatihan dapat disampaikan/disetor paling lambat 27 Juni 2012.
  • Bagi calon peserta yang telah terdaftar dan kemudian berhalangan hadir, dapat digantikan dengan peserta lainnya.

Palu, 16 Mei 2012

Direktur,

H. Andi Raga Lanintja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s